Saturday, November 5, 2011

Kamboja Jepang (Adenium)

Beberapa bulan yang lalu, cuaca selalu panas .....curah hujan rendah dan sinar matahari full menyinari langit Jakarta. Saatnya tanaman Kamboja Jepang-ku mengeluarkan kuncup-kuncup bunganya....pada saat cuaca panas ini juga saat yang tepat untuk memangkas (trim) cabang-cabang untuk memberikan kesempatan tunas daun yang baru...dan biasanya diikuti dengan munculnya kuncup bunga.

Biasanya tanaman ini cukup disiram hanya pada pagi atau sore hari saja....dan pot-pot bunga diletakkan pada halaman terbuka supaya dapat cahaya matahari langsung. Sinar matahari yang cukup merupakan salah satu faktor yang membantu tanaman ini berbunga.

Cuaca Jakarta saat ini mulai sejuk...hujan turun hampir setiap hari ........dan langit selalu dipenuhi kumpulan awan-awan yang siap menjatuhkan butiran-butiran air hujan setiap waktu......demi menjaga keindahan tanaman kamboja jepang yang sedang berbunga perlu memindahkan ke tempat yang lebih tertutup, supaya tidak  terkena air hujan. Air hujan dapat merusak indahnya kelopak-kelopak bunga bahkan membuat kuncup bunga busuk/layu sebelum berkembang....

dan ini sisa-sisa bunga kamboja jepang yang masih bermekaran di awal musim hujan..............












No comments:

Post a Comment