Thursday, November 10, 2011

Mind Map

3 tahun yang lalu seorang teman saya menghadiahi Demas sebuah buku, "Buku Pintar Mind Map Untuk Anak"  karya sang penemu metode mind map yaitu Tony Buzan.



Demas tentu sangat senang dapat hadiah buku, apalagi isi buku banyak gambar. Awalnya dia membaca dengan cepat setiap halaman....ia mulai mencari bentuk-bentuk visual yang menarik dan berhenti di halaman yang penuh gambar dan warna.





Setelah mengamati gambar-gambar dan membaca singkat, Demas langsung ambil kertas, kemudian mulai membuat gambar-gambar dan kali ini dilengkapi garis-garis penghubung. Jadilah mind map versi Demas.........

Saat itu Demas masih berusia 5 tahun, saya pun sadar bahwa usia Demas belum mencukupi untuk memahami isinya dan lebih berarti bila orang tua membaca lebih dahulu dan membahas isi buku bersama anak. Tapi saya biarkan saja saat itu Demas "membuka" buku untuk melihat reaksinya...dan senang rasanya melihat Demas mulai mencoba membuat mind map.

Ketika Demas kelas 1, ada ulangan harian PKN dan materinya tentang agama-agama di Indonesia, berikut rumah ibadah dan kitab suci masing-masing......saya jadi ingat untuk membuat mind map supaya Demas mudah untuk menghafalkan.....Akhirnya saya buka kembali buku itu dan mencoba membuat mind map. Kemudian Demas saya minta untuk belajar dengan bimbingan terlebih dahulu, kemudian belajar secara mandiri untuk menghafalkan..........Demas berhasil menghafal dan  
hasil ulangan sangat baik....horeeee.

Ini gambaran tentang mind map saya buat dalam format digital, tetapi dulu saya membuatnya secara manual dengan pensil warna...



Sekarang pun di sekolah Demas, para guru telah menggunakan mind map untuk menyampaikan materi dan tugas pelajaran. Wah hebat  guru-guru sekarang.....anak tentunya lebih senang mengerjakan dan mudah untuk menghafal.... Di bawah ini ada contoh tugas dan ulangan harian menggunakan metode mind map.


No comments:

Post a Comment